Panduan Media Pembelajaran PAUD

Panduan Media Pembelajaran PAUD - Halo sobat websiteedukasi.com, pada postingan ini saya akan berbagi Buku Panduan/ Pedoman Pengembangan Media Pembelajaran PAUD yang bisa anda unduh secara gratis.

Memasuki Tahun pelajaran 2018/2019 perlunya pengembangan media pembelajaran PAUD agar tercipta kegiatan pembelajaran yang lebih epektif. Secara garis besar kegiatan pengembangan media
pembelajaran terdiri atas tiga langkah besar yang harus dilalui, yaitu kegiatan perencanaan, produksi dan penilaian. Sementara itu, dalam rangka melakukan desain atau rancangan pengembangan program media.

Sebuah tujuan pembelajaran hendaknya memiliki 4 (empat) unsur pokok yang dapat kita akronimkan dalam ABCD (Audience, Behavior, Condition, dan Degree). Penjelasan dari masing-masing komponen tersebut sebagai berikut:

  • A = Audience adalah menyebutkan sasaran/audien yang dijadikan sasaran pembelajaran
  • B = Behavior adalah menyatakan prilaku spesifik yang diharapkan atau yang dapat dilakukan setelah pembelajaran berlangsung
  • C = Condition adalah menyebutkan kondisi yang bagaimana atau dimana sasaran dapat mendemonstrasikan kemampuannya atau keterampilannya
  • D = Degree adalah menyebutkan batasan tingkatan minimal yang diharapkan dapat dicapai.


Contoh Rumusan Tujuan Pembelajaran:
Setelah mengikuti diklat keorangtuaan (C), Peserta (A) dapat memahami dan mempraktekkan (B) kesetaraan gender dalam rumah tangga dengan benar (D).

Peserta Diklat Keorangtuaan (A) dapat Menyebutkan (B) hak dan kewajiban suami isteri dalam rumah tangga dengan benar (D).

Buku panduan ini digunakan untuk menjadi alat pengembangkan keberhasilan pembelajaran PAUD, guru dapat melihat perkembangan peserta didik menunjukkan penguasaan materi yang baik
atau tidak dari efek media yang digunakannya atau dari materi yang dipelajarinya melalui sajian media. Jika tidak maka dimanakah letak kekurangannya. Dengan demikian, maka Peserta Didik dimintai tanggapan tentang media tersebut, baik dari segi kemenarikan maupun efektifitas penyajiannya.

Selengkapnya, bagi anda yang membutuhkan Buku Pedoman Pengembangan Media Pembelajaran PAUD bisa mengunduhnya melalui tautan link di bawah ini.

Buku Panduan Pengembangan Media Pembelajaran PAUD.PDF, Unduh

Demikian Buku Panduan/ Pedoman Pengembangan Media Pembelajaran PAUD yang dapat saya bagikan, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Panduan Media Pembelajaran PAUD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel