Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2018

Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2018 - Halo sobat websiteedukasi.com, pada kesempatan penuh kebahagiaan ini saya akan berbagi Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2018 yang bisa anda unduh secara gratis.

Kementerian Agama kembali membuka Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Pendaftaran PBSB Tahun 2018 ini dibuka pada Kamis 15 Maret sampai dengan 15 April 2018.

Kebijakan pembangunan pendidikan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama, mencakup tiga aspek, yaitu: perluasan akses, peningkatan mutu dan daya saing, serta tata kelola pendidikan. Perluasan akses ditandai dengan meningkatnya angka partisipasi masyarakat di dunia pendidikan. Kebijakan peningkatan mutu dan daya saing merupakan upaya serius meningkatkan kualitas pendidikan Islam sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Sedangkan tata kelola pendidikan Islam berkaitan dengan penataan kelembagaan, majamen pengelolaan dan regulasi pendidikan.

Bidang yang digeluti juga beragam, antara lain: ilmu kedokteran, kesehatan, farmasi, keperawatan, ilmu murni (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia), teknik industri, teknik sipil, teknik mesin, teknologi informasi, teknik perkapalan, pertanian, agribisnis, ilmu agama Islam (Islamic Studies), seni dan desain, hingga bahasa dan ilmu pengetahuan budaya. Dari situ, kiprah alumni pesantren dalam pembangunan di masa mendatang lebih variatif, tidak hanya pada aspek pendidikan agama dan keagamaan.


Persiapan seleksi calon peserta PBSB dilaksanakan oleh tim persiapan meliputi proses pengumuman, pendaftaran, rekapitulasi data pendaftar, komputerisasi soal dan jawaban, pengolahan data, dan persiapan distribusi soal ke lokasi seleksi Computer Based Test (CBT).

Teknis Seleksi

Kepala Subdit Pendidikan Pesantren Basnang Said menjelaskan bahwa pendaftaran PBSB akan dilakukan secara online dan offline. Pendaftaran offline hanya diperuntukan bagi santri di kawasan Indonesia Timur. Adapun persyaratan khusus mendaftar PBSB adalah sebagai berikut:

  1. Santri merupakan lulusan Madrasah Aliyah swasta milik pondok pesantren, atau pondok pesantren muadalah, atau pondok pesantren salafiyah;
  2. Santri telah mukim (tinggal) di pesantren minimal selama 3 tahun terakhir; dan
  3. Santri telah mendapatkan rekomendasi dari pimpinan pondok pesantren.

Kepada para santri yang akan mendaftar, diminta untuk teliti dan cermat dalam mengisi form pendaftaran serta menentukan pilihan jurusan dan perguruan tinggi. Peserta sebaiknya membaca terlebih dahulu ketentuan dalam petunjuk teknis PBSB.

Ada beberapa perguruan tinggi yang menetapkan persyaratan khusus tambahan, misalnya: persyaratan tidak buta warna pada beberapa prodi, tinggi badan minimal 155cm pada prodi Keperawatan, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, hafalan Alquran minimal 3 juz di UIN Bandung serta 10 juz di UIN Malang dan UIN Yogyakarta. Bahkan, untuk pilihan Prodi Ilmu Hadits, UIN Yogyakarta mensyaratkan hafal 100 Hadits.

Seleksi PBSB menggunakan Computer Based Test (CBT). Jadwal serta lokasi pelaksanaan ditentukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi, kecuali untuk pilihan prodi di UNAIR Surabaya. Pihak UNAIR menetapkan bahwa pelaksanaan seleksi dilakukan di kampus UNAIR Surabaya, bukan pada wilayah masing-masing seperti pada pilihan prodi lainnya. Biaya transportasi dan akomodasi selama proses seleksi di UNAIR juga ditanggung oleh masing-masing santri.

Semua persyaratan khusus dan tambahan merupakan ketetapan Perguruan Tinggi. Sebelum mendaftar, kami minta para santri memahami petunjuk teknis pelaksanaan PBSB pada situs resmi Kemenag, Ditpdpontren, dan PBSB.

Tes CBT dibagi menjadi 4 (empat) sessi;

  1. Tes Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan kepesantrenan selama 60 menit. 
  2. Tes Potensi Akademik selama 70 menit.
  3. Tes Kemampuan Bidang Studi (120 menit). Untuk materi MIPA, tes mencakup: Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sedang untuk materi IPS, tes  mencakup: matematika IPS, ekonomi, sosiologi, dan geografi. Untuk materi keagamaan, tes mencakup: Fiqih, Tafsir, Hadits, Aqidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam.
  4. Wawancara (150 menit). Sessi ini hanya dilakukan untuk peserta seleksi yang mengambil pilihan studi di UIN Malang.

Jadwal tahapan seleksi PBSB Tahun 2018

  • Masa Pendaftaran 15 Maret -15 April 2018
  • Verifikasi Data 16 - 30 April 2018
  • Pengumuman Tempat Seleksi 2 Mei 2018
  • Pelaksanaan Seleksi 14 - 18 Mei 2018
  • Penentuan Kelulusan 1 Juni 2018
  • Pengumuman Kelulusan 4 Juni 2018

Informasi selengkapnya bisa anda dapatkan dengan mengunjungi website pbsb.ditpdpontren.kemenag.go.id dan ditpdpontren.kemenag.go.id .

Atau anda bisa mengunduh Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2018 melalui link yang saya sematkan di bawah ini.

Pengumuman Pendaftaran PBSB Tahun 2018, Unduh
Pengumuman Pendaftaran PBSB Tahun 2018 Lampiran I, Unduh
Pengumuman Pendaftaran PBSB Tahun 2018 Lampiran II, Unduh
Juknis Pendaftaran PBSB Tahun 2018, Unduh

Demikian petunjuk teknis (Juknis) Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2018 yang dapat saya bagikan, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Juknis Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi Tahun 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel