Contoh dan Cara Membuat surat lamaran kerja yang baik

Contoh dan Cara Membuat surat lamaran kerja yang baik - Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Dan ...

Surat lamaran kerja merupakan faktor utama paling penting dan esensial untuk dipersiapkan sebaik mungkin sebelum seseorang melamar sebuah pekerjaan. Selain sebagai ungkapan biografi diri dan pengungkapan pengalaman dari pekerjaan sebelumnya, surat lamaran kerja yang baik juga sangat mempengaruhi tingkat kesuksesan dan faktor penentu Anda untuk diterima atau tidaknya saat melamar sebuah pekerjaan selain wawancara kerja.


Surat lamaran kerja atau juga dikenal sebagai Curriculum Vitae (CV) dapat dibuat dengan tulisan tangan maupun dengan di cetak melalui bantuan komputer . Pada dasarnya membuat surat lamaran kerja yang baik diperlukan sebuah struktur rangkaian kata-kata yang baik yang terkesan elegan, kreatifitas dan kejujuran. Untuk memenuhi kriteria surat lamaran yang baik diperlukan beberapa langkah yang bisa diterapkan seperti:

1. Memberikan informasi yang lengkap dan detail

Memberikan informasi lengkap memiliki peranan cukup penting dalam membuat surat lamaran kerja seperti nama lengkap, nomor yang bisa dihubungi, alamat lengkap , alamat email dan lain sebagainya. Dalam penulisan sebaiknya Anda gunakan jenis huruf standar dan hindarkan penggunaan jenis huruf yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Surat lamaran kerja yang baik memiliki struktur dan tampilan yang baik pula agar terlihat menarik. Adapun struktur surat lamaran kerja sebagai berikut:

Informasi personal
Pada kolom ini biasanya berisi detail informasi mengenai tempat dan tanggal lahir, kebangsaan, Negara, etnis, Negara dan status.

Informasi kontak
Pada kolom ini Anda bisa memasukkan detail alamat Anda saat ini lengkap dengan propinsi, kota, kode pos, nomer telpon atau handphone dan email. Hal ini bertujuan agar Anda bisa dihubungi dengan mudah oleh divisi HRD atau rekrutmen ditempat Anda melamar kerja.

Rangkuman biografi
Pada kolom ini iisikan mengenai seputar pengalaman kerja terakhir Anda, kemampuan, umur dan sedikit menyentuh kemampuan teknis yang Anda miliki. Hal ini sangat penting karena banyak dari HRD yang mengasosiasikan kemampuan ini dengan pekerjaan yang nantinya akan Anda tempati saat diterima.

Latar belakang pendidikan
Pada kolom ini Anda bisa memasukkan latar belakang pendidikan Anda dari pendidikan awal hingga yang terakhir. Jika Anda juga mengikuti kursus, Anda juga bisa memasukkannya disini sebagai info tambahan.

Kemampuan (Skill)
Tuliskan semua kemampuan yang Anda miliki pada kolom ini. Misalnya kemampuan dalam mengoperasikan komputer, kecepatan mengetik, bahasa Inggris dan lain sebagainya.

Pengalaman kerja
Bagi Anda yang memiliki berbagai pengalaman kerja, Anda bisa mencantumkannya di kolom ini. Ceritakan secara rinci pengalaman-pengalaman kerja yang Anda miliki, tugas, kewajiban serta tanggung jawab apa yang Anda miliki saat menjabat pekerjaan tersebut. dengan jelas pengalaman-pengalaman kerja apa saja yang pernah Anda lakukan, apa saja detail dari tugas Anda, dimana saja, kapan serta berapa lama.

Sertifikat dan penghargaan
Sertifikat dan penghargaan merupakan nilai plus yang bisa Anda sertakan dalam surat lamaran Anda. Selain Anda tuliskan pada kolom ini, Anda juga bisa melampirkannya bersama dengan surat lamaran yang Anda kirim.

2. Jadilah pribadi yang kreatif dan inovatif dan berani tampil beda

Dalam membuat sebuah surat lamaran kerja yang baik, kreatifitas dan inovasi cukup dibutuhkan karena surat lamaran Anda merupakan salah satu media dan cara Anda untuk berkomunikasi dengan HRD meskipun melalui tampilan dan tulisan. Jadi berikanlah sentuhan terbaik Anda dalam membuatnya. Dengan surat lamaran yang interaktif, menunjukkan jika Anda adalah orang yang kreatif, inovatif dan berani tampil beda dari yang lainnya. Untuk melakukannya, Anda bisa mulai dengan merubah tampilan (layout) surat lamaran dari yang berkesan klasik dan konvensional ke tampilan yang lebih modern.

3. Berkesan

Surat lamaran yang Anda kirim adalah bentuk representasi dari diri Anda, oleh karenanya buatlah surat lamaran yang sebaik mungkin dan se-selegan mungkin. Perhatikan detail-detailnya seperti jenis, penggunaan huruf dan kerapihan alinea serta paragraf-paragraf didalamnya.

Contoh surat lamaran kerja
Jakarta, 08 Februari 2014
Kepada YTH:
HRD Manager PT SURYA JAYA
Jl. Melati No.25 Jakarta

Dengan Hormat,

Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari sebuah media di internet perihal lowongan pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin, oleh karenanya melalui surat lamaran ini saya, Tri Widiyanto, 26 tahun bermaksud untuk mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini untuk menempati posisi yang sedang dibutuhkan.

Saya yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : Tri Widiyanto
Tempat/Tanggal Lahir : Jakarta, 10 Maret 1988
Pendidikan : Manajemen Informatika Universitas XXXX
Alamat : Jl. Paris Van Java
Telepon : 0852 1997 XXXX

Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, saya juga melampirkan kelengkapan diri saya sebagai berikut:

1. Pas Photo 4x6 1 lembar
2. Fotokopi KTP
3. Daftar Riwayat Hidup
4. Fotokopi Ijazah
5. Fotokopi Sertifikat Uji Kompetensi
6. Fotokopi Surat Referensi Kerja

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.


                                                                                                                                                                         Hormat Saya,


                                                                                                                               Tri Widiyanto




Belum ada Komentar untuk "Contoh dan Cara Membuat surat lamaran kerja yang baik "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel