Mengatasi Port USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop

Port USB yang tidak terdeteksi pada Laptop, hal ini tentunya membut penggunan merasa kesal. Untuk membuat terdeteksi pengguna acap kali melakukan perpindah slot ketiga tritik slot, namun dengan cara tersebut tidak menuaikan hasil. Kemungkinan besar USB mengalami kerusakan, terkadang pengguna membeli flasdisk baru untuk mengganti flasdisk yang rusak. Namun ada baiknya sebelum membeli Flashdisk baru dilakukan pengecekan apakah fleshdisk tersebut mengalami kerusakan atau hanya kesalah teknis.


Pengecekan yang perlu anda lakukan dengan memastikan apakah hanya pada satu port USB yang tidak berfungsi atau semuanya, apabila diketahui hanya satu atau seluruh port USB tidak berfungsi anda harus memastikan apakah port USB di dalam pengaturan (setting) BIOS masih disable (tidak aktif). yang perlu anda lakukan agar port USB dapat terdeteksi yaitu dengan mengaktifkan BIOS yang masih disabel, dengan cara :

Cara Pertama :


1. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan merestart laptop Anda.
2. Saat melakukan proses POST (Power On Selft Test), maka dengan segera tekan tombol Del pada keyboard. Ini dilakukan untuk menampilkan pengaturan BIOS.
4. Apabila sudah tertampil, maka masuk pada bagian Power Management.
5. Kemudian pilih Enable pada USB Port.
6. Proses telah selesai.

Cara kedua :

Apabila kasus yang Anda alami hanya ada satu atau beberapa port USB yang tidak berfungsi dan yang lain masih ada yang berfungsi, kemungkinan disebabkan oleh adanya listrik statis pada perangkat laptop Anda sehingga port USB tidak bisa mendeteksi perangkat. Untuk mengatasinya, matikan terlebih dahulu Laptop Anda >> Kemudia Anda cabut semua perangkat listrik yang terhubung dengan laptop >> Diamkan sejenak >> dan Anda hidupkan kembali laptop Anda seperti biasa.

Cukup sekian dari kami cara Mengatasi Port USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop, terimakasih sudah berkunjung, Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Port USB yang Tidak Terdeteksi pada Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel