4 Software Gratis Bootable USB Windows]

Melakukan install Windows sering kali kita menggunakan CD/DVD Rom, namun terkadang cara tersebut tidak bisa digunakan kepada perangkat PC atau Laptop karena mungkin sebagian PC atau laptop tidak tersedianya CD/DVD Rom. Untuk menginsall Windows dan agar dapat digunakan setiap PC atau Laptop diperlukannya sebuah alternatif lain.

Salah saru alternatif lain yaitu menggunakan USB Flash drive, SD card, eksternal HDD dan lainnya, maka dengan cara tersebut kita dapat mengistall windows baik yang memiliki CD/DVD Rom atau tidak. Dengan cara ini juga kita dapat menghemat space dan biaya karena dengan menggunakan media berbasis USB kita dapat menghapusnya ketika tidak diperlukan, namun untuk kepingan CD/DVD setelah kita menghapus kita tidak dapat menggunakan lagi dan juga rentan sekali dengan kerusakkan.

Untuk mengistall Windows menggunakan media berbasis USB, diperlukannya sebuah Software untuk membantu mempermudah penginstallan. Berikut ini beberapa software gratis yang bisa kita gunakan untuk membuat Bootable USB, baik untuk installasi windows.

WINDOWS 7 SBB TOOL


Windows 7 SBB Tool merupakan sebuah program kecil namun memiliki kemampuan yang besar, Program ini dapat digunakan untuk membuat bootable USB windows 7, tetapi dapat juga mendukung dengan SD Card untuk membuat bootable USB. Dengan Windows 7 SBB Tool kita tidak bisa menggunakan ISO Image (file ISO) dari windows 7, tetapi hanya dapat menentukan lokasi folder windows tersebut (sebelumnya bisa kita copy dari DVD ke hardisk) dan itu pun dilakukan dengan manual.

PASSCAPE ISO BURNER


PAsscape ISO Burner merupakan program kecil yang mampu membuat bootable disk dan juga USB dari berbagai file ISO. Program ini dapat digunakan tidak hanya pada windows, namun dapat digunakan juga membuat bootable CD/DVD, perangkat USB (Memory Stick, USB Flashdisk, CompactFlash, Secure Digital USB Hard disk dan lainnya).

Beberapa fiturnya PAsscape ISO Burner:
*Memindah file ISO ke CD/DVD dan USB drive
*Membuat bootable media
*Extract isi file ISO ke hardisk
*Antarmuka yang sederhana
*Program ini dapat berjalan di windows XP keatas.

WINUSB MAKER


WinUSB Maker merupakan software portable untuk membuat media penyimpan eksternal seperti USB Flashdisk atau eksternal HDD menjadi bootable dan dapat digunakan untuk memindah file setup (installasi) windows ke USB.

Beberapa Fitur WinUSB Maker antara lain:
*Backup dan Restore (termasuk MBR, Master Boot Record) dari USB Drive
*Di design dengan keamanan maksimum, untuk menghindari errir dan mencegah kesalahan memformat windows
*Dapat bekerja dengan Windows dalam DVD, Folder atau ISO Image
*Memformat USB dalam file sistem NTFS
*Dapat membuat DOS/GRLDR bootable USB Disk
*Copy file dengan level kecepatan maksimum
*Mendukung perangkat yang lebih dari 1 TB
*Selain itu terdapat berbagai fitur lainnya, selengkapnya bisa mengunjungi halaman WinUSB Maker. *Program ini dapat berjalan di windows Vista,7,8 dan server 2008/2011 (dan memerlukan .Net Framework 3.5)

NOVICORP WINTOFLASH


Novicorp Wintoflash merupakan aplikasi sudah ada cukup lama. Aplikasi ini tergolong bagus untuk membuat bootable USB. Tidak seperti kebanyakan aplikasi sebelumnya yang hanya mendukung windows vista atau 7, WinToFlash dapat digunakan untuk membuat bootable USB windows XP/2003/Vista/2008/7/8.

Beberapa Fitur Novicorp Wintoflash:
*Memindah installasi windows XP/2003/Vista/2008/7/8 dari CD/DVD ke USB Flash drive
*Memindah WinPE ke USB
*Membuat USB Flash drive dengan Bootloader darurat untuk windows XP/2003
*Memindah MS_DOS ke USB
*Membuat USB berisi windows XP/2003 Recovery COnsole
*Program ini dapat berjalan di Windows XP/2003/Vista/2008/7 dan juga windows 8. Tersedia *Antarmuka dalam bahasa Indonesia, sehingga bagi yang kesulitan menggunakan bahas Inggris, aplikasi ini akan sangat membantu.

Demikian 4 Software Gratis Bootable USB Windows, semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "4 Software Gratis Bootable USB Windows]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel